Menu Close

Cara Laporkan Pinjol Ilegal Dan Kiat Memilih Aplikasi Pinjaman Online Legal Dan Resmi Ojk

Berikut 5 ideas menggunakan pinjaman online agar terhindar dari layanan yang palsu berikut ini. Selanjutnya nasabah akan dibimbing dan diarahkan untuk membayar sesuai opsi yang tersedia. Seluruh prosedur dilakukan untuk mempermudah nasabah melakukan pembayaran sesuai ketentuan yang diberlakukan.

Namun, tentunya Anda tidak bisa asal memilih pinjaman yang dirasa mudah dan aman. Untuk menghindari kredit macet dan masalah-masalah lainnya dalam proses kredit, OJK pun memiliki ketentuan tersendiri. Ketentuan itu pun bisa menjadi acuan Anda, ketika akan memilih produk pinjaman finansial.

Meski begitu, sejak awal pengajuan, verifikasi, hingga proses pencairan dana, pihak pinjol pasti tetap memiliki prosedur yang jelas dan mudah dipahami. Agar tak keliru, pastikan untuk menyimak proses pencairan dana pinjol tersebut dengan seksama. Dengan semakin berhati-hati dalam memilih layanan pinjol, maka kita akan terhindar dari kemungkinan tindakan curang dari pinjaman on-line ilegal. Semakin banyaknya layanan pinjol memang membuat kita harus cermat dalam menentukan pilihan. Selalu pastikan Anda memilih layanan pinjaman online resmi sehingga bisa tetap bisa dengan nyaman melakukan transaksi pinjaman uang.

tips memilih pinjaman online ojk

BERITA DIY – Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menginstruksikan jajaran kepolisian memberantas aplikasi pinjaman on-line ilegal. Hal pertama yang wajib dilakukan adalah mengecek status usahanya di situs resmi OJK. Jika statusnya terdaftar atau telah mengantongi izin usaha, artinya layanan tersebut legal dan dapat dipercaya.

Anda perlu memahami betul setiap poin yang tertulis pada kontrak perjanjian tersebut. Jika dirasa ada poin yang kurang dipahami atau ambigu, jangan ragu untuk menanyakan dan mengklarifikasinya dengan pihak pemberi pinjaman. Dengan begitu, Anda dapat menjalani aktivitas pinjaman tersebut dengan lebih nyaman dan lancar. TRIBUNNEWS.COM – Beberapa waktu belakangan, kabar tentang pinjaman online cukup ramai jadi bahan perbincangan.

Inilah yang perlu diwaspadai oleh masyarakat supaya tetap aman bertransaksi by way of pinjol. Sesuai ketentuan OJK perusahaan fintech hanya diperbolehkan membebankan bunga maksimal 0,8% per hari. Jika diakumulasi besarnya bunga pinjaman juga dilarang mencapai lebih dari 100 percent pinjaman online ojk nilai pinjaman. Jangan langsung tergoda dengan iming-iming bunga ringan dan pencairan cepat yang ditawarkan suatu perusahaan fintech. Karena dapat dilakukan by way of aplikasi smartphone, proses pengajuan pinjaman juga lebih praktis dan mudah.

Sembari bisnis semakin berkembang, peningkatan keuntungan tentu dapat diputar kembali untuk melunasi cicilan pinjaman online. Bahkan, Presiden Joko Widodo turut menyoroti maraknya kasus pinjol ilegal yang menjerat masyarakat ekonomi kelas bawah. Ia mengaku banyak mendengar kabar tentang penipuan hingga tingginya bunga yang dibebankan pihak pinjol ke peminjamnya. Tidak hanya itu saja, persyaratan pengajuan di CekAja.com juga terbilang mudah dan enggak merepotkan calon debitur.

Segala hak dan kewajiban pihak yang terlibat diatur dalam kontrak. Masa tenor atau jangka waktu cicilan yang ditetapkan CekAja.com untuk produk Pinjaman Online umumnya menyesuaikan dengan produk mitra itu sendiri. Segala transaksi aman dan kerahasiaan information pribadi debitur tidak akan bocor. Pastikan bahwa pinjaman dilakukan ke situs yang aman dan terproteksi dengan secured.